28 Mei 2008

Vespa Kongo Diburu Kolektor Asing

"Vespa Kongo saat ini banyak dicari para kolektor dan pencinta Vespa di Australia. Kendaraan ini dikirim melalui Denpasar, Bali. Harganya pun terus melambung, karena semakin sulit didapat," kisah Bahaqi, salah seorang pemburu Vespa Kongo asal Jakarta kepada ANTARA di Surabaya, Jawa Timur (Jatim)

Dari kalangan penggemar Vespa di Surabaya dan Sidoarjo diperoleh informasi, kini sulit mendapatkan kendaraan roda dua buatan Italia 1963 itu. Pasalnya, sepeda motor tersebut diburu oleh para penggemar.

Karena itu, Bahaqi contohnya, bahkan bersedia mencari sepeda motor bermesin 150 CC tersebut ke Malang dan Kediri, Jatim. Di sana, kabarnya, masih ada warga yang menyimpan sepeda motor tersebut. "Saya hanya mendapatkan satu unit di Kediri dan kendaraan ini segera saya bawa ke Jakarta. Saya membelinya seharga lima juta rupiah," ceritanya.


Untuk para kolektor asing, Vespa Kongo dijual dengan harga Rp20 juta hingga Rp25 Juta. Bahkan, salah seorang pemilik Vespa itu di Denpasar, melalui iklannya di internet, menawarkan sepeda motor tersebut seharga 22.500 dollar AS, meskipun keaslian Vespa itu sudah diubah oleh si pemilik.

Dalam buku kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB) Vespa tersebut ada keterangan bahwa sepeda motor itu digunakan oleh pasukan Garuda RI di Kongo pada 1963 dan keterangan tersebut ditandatangani oleh seorang Brigjen.

Di kalangan penggemar Vespa, Vespa Kongo dikenal sangat andal. Seluruh bodinya terbuat dari baja dan suku cadangnya sama dengan Vespa keluaran 2000-an. Kendaraan itu masuk ke Indonesia dibawa oleh pasukan Garuda RI selepas mereka bertugas di Kongo.

Para penggemar Vespa di Jatim mengaku tidak mengetahui mengapa jenis tersebut digemari oleh para kolektor asing. "Saya tidak tahu mengapa orang asing justru menyenangi sepeda motor itu. Tapi, yang jelas, dari kondisi mesin dan kenyamanannya, Vespa Kongo jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan Vespa baru. Pengendara tidak mudah capek meskipun menempuh perjalanan jauh," ucap Supri, salah seorang teknisi Vespa di Sidoarjo.

Sumber: www.kompas.com

0 komentar:

Design by Dzelque Blogger Templates 2007-2008